Ringkasan Singkat Konsep Asuhan Keperawatan

Seseorang yang mempunyai profesi sebagai perawat ataupun yang masih menjalani pendidikan keperawatan tentu tidak asing dengan Asuhan Keperawatan (Askep). Asuhan Keperawatan adalah suatu proses atau rangkaian kegiatan pada praktik keperawatan yang langsung diberikan kepada klien. Asuhan keperawatan memuat serangkaian interaksi antara perawat dengan klien dan lingkungannya untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan dan kemandirian klien dalam merawat dirinya. Asuhan Keperawatan yang diberikan kepada klien harus memenuhi 5 kriteria kualitas pelayanan yang terangkum dalam SMART, yaitu:


Specific

Tujuan pelayanan yang dilakukan harus jelas dan spesifik. Jelas yang akan membantu menguraikan apa yang akan dilakukan, dan spesifik yang akan membuat segala upaya terfokus pada target yang akan dicapai.

Measurable

Apa yang ingin dicapai haruslah bisa diukur. Semisal seberapa efektif, seberapa efisien atau seberapa lama dan seberapa sering.

Achievable

Tujuan yang ditetapkan haruslah bisa dicapai. Dengan begitu akan ada komitmen yang kuat untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh.

Realistic

Realistis atau masuk akal adalah hal lain yang harus dipenuhi dalam pemberian pelayanan keperawatan yang berkualitas sesuai dengan sumber daya dan ketersediaan instrumen pelayanan.

Timely

Pelayanan yang diberikan harus mempunyai waktu yang dapat diukur dan ditentukan, dapat dicapai dan dievaluasi dalam kurun waktu tertentu.

 

Secara umum pelaksanaan asuhan keperawatan harus memenuhi standar yang berlaku secara umum.  Standar asuhan keperawatan terdiri dari :

1.    Standar I        : Pengkajian keperawatan.

2.    Standar II       : Diagnosa keperawatan.

3.    Standar III      : Perencanaan keperawatan.

4.    Standar IV     : Intervensi keperawatan.

5.    Standar V      : Evaluasi keperawatan.

6.    Standar VI     : Catatan asuhan keperawatan.